kimia

kimia

Sabtu, 06 Desember 2014

Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran

Pembelajaran kimia,Sebagai calon guru kimia :) Apalgi Seorang guru kimia ? Siapa takut :)

Oke, jangan galau-galau ya apalagi kalau calon guru kimia :). Sebelumnya mau menyapa dulu nih, Gimana kabarnya ? Semoga masih sehat dan semangat ya kawan :)

Sempat kemarin membahas PowerPoint berasis VBA (Visual Basic Application), nah berdasarkan pengalaman penulis mengikuti mata kuliah Program Komputer Untuk Pembelajaran Kimia Berbasis ICT yang membuat powerpoint pembelajaran kimia berbasis VBA ini dengan sub-materi Lemak.  Bahan ajar sudah, berarti ada yang ketinggalan. Iya, itu dia "RPP (Rancangan  Pelaksanaan Pembelajaran)" :)




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMA                                       : SMA Negeri
Mata Pelajaran                        : Kimia
Kelas/Semester                        : XII (Dua Belas)/2 (dua)
Topik                                       : Struktur, tata nama, sifat,penggolongan, dan kegunaan Lemak
Alokasi Waktu                        : 1 minggu x 4 jam pelajaran
  3 x 45 menit (2 pertemuan)

A.   KOMPETENSI INTI
  1. KI 1   :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
  2. KI 2   : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
  3. KI 3   : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
  4. KI 4   : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

A.      Kompetensi Dasar
1.1        Menyadari adanya keteraturan dalam sifat koligatif larutan, reaksi redoks, keragaman sifat unsur, senyawa makromolekul sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
1.2        Mensyukuri kelimpahan unsur golongan utama dan golongan transisi di alam Indonesia sebagai bahan tambang merupakan anugerah Tuhan YME yang digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2 Menunjukkan perilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
2.3 Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
3.10   Menganalisis struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak Memahami pengetahuan dasar geografi dengan contoh kehidupan sehari – hari
4.10  Menalar dan menganalisis struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan pengaruh lemak bagi tubuh manusia.

B.       Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1        Secara spontan menyatakan kekaguman terhadap keberagaman unsur,makromolekul dan keteraturan alam semesta
1.2.1        Secara spontan bersyukur atas kelimpahan  unsur di alam Indonesia
2.1.1    Aktif dalam diskusi kelas
2.2.1    Berperilaku sopan santun, peduli sosial dan lingkungan
2.3.1  Aktif dalam diskusi dan mengeluarkan pendapat sebagai cara memecahkan masalah
3.10.1   Memahami struktur, tata nama dan kegunaan lemak
3.10.2   Menggolongkan lemak dan sifat-sifat lemak
3.10.3   Memberi contoh dan menuliskan struktur dan tata nama lemak
3.10.4   Memberi contoh  kegunaan lemak
4.10.1  Menjelaskan struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan pengaruh lemak bagi tubuh manusia.
4.10.2   Menerapkan kegunaaan lemak dalam memanfaatkan sumber daya alam


C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Secara spontan siswa menyatakan kekaguman terhadap keberagaman unsur,makromolekul dan keteraturan alam semesta dengan memperhatikan pembelajaran di kelas.
2.      Secara spontan bersyukur atas kelimpahan  unsur di alam Indonesia dengan menjaga ligkungan
3.      Siswa dapat aktif dalam diskusi kelas dengan mengikuti kegiatan pembelajaran siswa aktif yang diolah guru
4.      Siswa dapat berperilaku sopan santun, peduli sosial dan lingkungan
5.      Siswa dapat aktif dalam diskusi kelas dengan mengemukakan pendapat sebagai bentuk pemecahan masalah dan pengambilan keputusan
6.      Siswa memahami konsep struktur, tata nama dan kegunaan lemak
7.      Siswa dapat menggolongkan dan menjelaskan sifat-sifat lemak
8.      Siswa dapat memberi contoh  struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak dengan diskusi kelompok yang difasilitasi oleh guru.
9.      Siswa dapat menjelaskan struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan pengaruh lemak bagi tubuh manusia dengan diskusi kelompok yang difasilitasi oleh guru.
10.  Siswa dapat menerapkan kegunaaan lemak dalam memanfaatkan sumber daya alam

D.    Materi Pembelajaran
a)      Struktur Lemak
b)      Sifat Lemak
c)      Penggolongan Lemak
d)     Kegunaan Lemak dalam kehidupan sehari-hari
e)      Pengaruh Lemak dalam tubuh manusia

E.     Model Pembelajaran
Model pembelajaran : Cooperatif Learning
Metode pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, diskusi, life skills

F.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama (2 x 45 menit)
Kegiatan
Deskripsi kegiatan
Waktu
Pendahuluan
a.       Orientasi :
Guru mengucapkan salam dan mempresensi siswa  
b.      Apersepsi :
Guru menanyakan mengenai materi makromolekul minggu lalu
c.       Motivasi :
-          Guru memberikan penjelasan tentang manfaat Kimia bagi kehidupan.
d.      Pemberian Acuan:
-          Menjelaskan materi pokok secara garis besar
-          Guru memposisikan siswa duduk sesuai kelompok diskusi yang telah dibagi.
-          Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai

15 menit
Inti
Sikap :
a.       Menerima
Siswa menerima penjelasan dari guru terkait materi dan mekanisme pembelajaran yang akan dilakukan (diskusi).
b.      Menjalankan
Siswa melaksanakan diskusi dalam kelompok sesuai dengan mekanisme pembelajaran yang dijelaskan oleh guru.
c.       Menghargai
-          Siswa melakukan diskusi dengan tertib.
-          Mendengarkan dan memberikan tanggapan terhadap presentasi dari peserta didik yang lain.

Pengetahuan :
a.       Memahami
Siswa memahami penjelasan tentang materi dari guru dan diskusi dalam kelompok.
b.      Menganalisis
Guru: guru menyuruh peserta didik untuk menganalisis literatur untuk menggambarkan struktur dan memberi nama senyawa lemak serta pengelompokan lemak dan contoh-contoh lemak dalam kehidupan
Peserta didik: peserta didik menganalisis literatur untuk menggambarkan struktur dan memberi nama senyawa lemak serta pengelompokan lemak dan contoh-contoh lemak dalam kehidupan.

Keterampilan :
a.      Mengamati
Guru: Guru memberikan waktu pada peserta didik untuk mengamati sumber informasi, berlatih menggambarkan struktur dan memberi nama senyawa lemak serta contoh lemak dalam kehidupan.
Peserta didik: siswa mengamati dan membaca sumber informasi berlatih menggambarkan struktur dan memberi nama senyawa lemak serta contoh lemak dalam kehidupan.
b.      Menanya
Guru: Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan pendapat dari hasil pengamatannya.
Peserta didik: peserta didik untuk menyampaikan pendapat dari hasil pengamatannya.
c.       Menalar
Guru: guru menyuruh peserta didik untuk menjelaskan lemak, peggolongan lemak dan contoh lemak dalam kehidupan dari hasil pengamatan
Peserta didik: peserta didik menjelaskan lemak, peggolongan lemak dan contoh lemak dalam kehidupan dari hasil pengamatan
d.      Membuat jejaring
Guru: guru menyuruh antar kelompok untuk mengkomunikasikan hasil diskusi untuk dapat menyimpulkan
Peserta didik: peserta didik mengkomunikasikan antar kelompok untuk menyimpulkan hasil diskusi.
60 menit
Penutup
a.       Guru memberikan tambahan informasi tentana lemak
b.      Guru mengkorfirmasi hasil diskusi dan bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
c.       Pemberian tugas
d.      Gutu menginformasikan rencana pembelajaran yang akan datang
e.       Guru mengucapkan terima kasih dan menutup pelajaran
15 menit

Pertemuan Kedua (2 x 45 menit)
Kegiatan
Deskripsi kegiatan
Waktu
Pendahuluan
a.       Orientasi :
-          Guru mengucapkan salam dan mempresensi siswa  
b.      Apersepsi :
-          Guru menanyakan mengenai materi makromolekul lemak pada minggu lalu
c.       Motivasi :
-          Guru memberikan penjelasan manfaat tentang materi yang akan dipelajari
d.      Pemberian Acuan:
-          Menjelaskan materi pokok secara garis besar
-          Guru memposisiskan siswa duduk sesuai kelompok diskusi yang telah dibagi.
-          Guru menyapaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai
-          Guru menjelaskan mekanisme pembelajaran yang akan dilakukan

15 menit
Inti
Sikap :
a.       Menerima
Siswa menerima penjelasan dari guru terkait materi dan mekanisme pembelajaran yang akan dilakukan.
b.      Menjalankan
Siswa melaksanakan diskusi dalam kelompok sesuai dengan mekanisme pembelajaran yang dijelaskan oleh guru.
c.       Menghargai
-          Siswa melakukan diskusi dengan tertib.
-          Mendengarkan dan Memberikan tanggapan terhadap presentasi dari peserta didik yang lain.

Pengetahuan :
a.      Memahami
Siswa memahami penjelasan tentang materi dari guru dan diskusi dalam kelompok.
b.      Menganalisis
Guru: guru menyuruh peserta didik untuk menganalisis literatur untuk menjelaskan sifat fisik dan sifat kimia dari lemak dan kegunaan dan peran dari lemak dan minyak dalam kehidupan sehari-hari.
Peserta didik: peserta didik menganalisis literatur untuk menjelaskan sifat fisik dan sifat kimia dari lemak kegunaan dan peran dari lemak dan minyak dalam kehidupan sehari-hari.

Keterampilan :
a.      Mengamati
Guru: Guru memberikan waktu pada peserta didik untuk membaca literatur sifat fisik dan sifat kimia dari lemak dan kegunaan dan peran dari lemak dan minyak dalam kehidupan sehari-hari
Peserta didik: siswa untuk membaca literatur sifat fisik dan sifat kimia dari lemak dan kegunaan dan peran dari lemak dan minyak dalam kehidupan sehari-hari
b.      Menanya
Guru: Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan pendapat dari hasil pengamatannya.
Peserta didik: peserta didik untuk menyampaikan pendapat dari hasil pengamatannya tentang sifat fisik dan sifat kimia dari lemak dan kegunaan dan peran dari lemak dan minyak dalam kehidupan sehari-hari
c.       Menalar
Guru: guru menyuruh peserta didik untuk menjelaskan sifat fisik dan sifat kimia dari lemak dan kegunaan dan peran dari lemak dan minyak dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik: peserta didik menjelaskan sifat fisik dan sifat kimia dari lemak dan kegunaan dan peran dari lemak dan minyak dalam kehidupan sehari-hari.
d.      Membuat jejaring
Guru: guru menyuruh antar kelompok untuk mengkomunikasikan hasil diskusi untuk dapat menyimpulkan
Peserta didik: peserta didik mengkomunikasikan antar kelompok untuk menyimpulkan hasil diskusi.
65 menit
Penutup
a)      Guru memberikan tambahan informasi tentana lemak
b)      Guru mengkorfirmasi hasil diskusi dan bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
c)      Pemberian tugas
d)     Gutu menginformasikan rencana pembelajaran yang akan datang
e)      Guru mengucapkan terima kasih dan menutup pelajaran
15 menit
 
G.    Sumber Dan Media
1.      Sumber
a.       Buku
b.      Internet.
2.      Media
a.       Power point.
b.      Gambar-gambar

RPP ini tentu dapat dikembangkan sesuai dengan keadaan siswa, sekolah dan metode yang digunakan Salam semangat wahi guru dan calon guru. Ditanganmu generasi penerus belajar unuk mencerdaskan dirinya dan bangsanya :



Semoga bermanfaat kawan  ^_^. Oia jangan lupa komentarnya yah, hehehe. Banyak saran dan kritik itu bagus dan dinanti, tapi saran atau kritik yang membagun dan bahasa yang sopanlah yang lebih baik, ;)
Salam Ilmiah, Salam Semangat :) :D

Oleh SN ^_^
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar