kimia

kimia

Sabtu, 01 November 2014

Kimia dan Kehidupan

Assalamu’alaikum

Kimia ooo ooh kimia,
kimia lagi ya, ya lagi lagi kimia  :)
Tepat sekali, membahas tentang kimia tentu tidak ada habisnya. Banyak hal dalam kehidupan yang sering membicarakan kimia mulai dari makanan, pakaian, obat-obatan sampai hal kosmetik. Semua berkaitan dengan kimia, sampai suatu ketika timbul pernyataan “ini terbuat tanpa bahan kimia”

Tapi bukankah air yang kita biasa untuk minum,mandi dan mencuci sudah termasuk dalam bahan kimia. Air memiliki rumus kimia H2O, lantas udara yang kita hirup untuk bernafas juga merupakan bahan kimia iya udara tersebut adalah Oksigen (O2).  Lalu apa sih sebenarnya kimia itu ??? Apakah sangat berbahaya ??

Ilmu kimia merupakan cabang ilmu  pengetahuan alam yang mempelajari sifat-sifat, struktur, komposisi, perubahan energi dan energi  yang menyertai perubahan materi. Sehingga ilmu kimia erat kaitannya dengan kehidupan manusia sehari-hari.

Hal-hal yang berkaitan dengan makanan, minuman, pakaian, bahan bakar, obat-obatan, bahan konstruksi bangunan, bahan industri elektronik, dan bahan produk lain yang tentu melibatkan  ilmu kimia. Oleh karena itu, manfaat ilmu kimia sangat dapat dirasakan dalam kehidupan dan berbagai kajian keilmuan. Namun tidak dapat dipungkiri setiap orang memiliki pandangan tersendiri terhadap ilmu kimia dan pemanfaatannya dalam kehidupan. Ada yang berpandangan positif dan negatif. Mereka yang berpandangan negatif adalah orang-orang yang belum memahami betapa pentingnya manfaat ilmu kimiadalam kehidupan, kurangnya ilmu pengetahuan juga salah satu penyebab utamanya.

Mereka menganggap bahwa hal-hal yang berkaitan dengan kimia selalu akan berhubungan dengan zat-zat berbahaya yng mengandung racun. Ditambah dengan kesan negatif dalam masyarakat yang lebih dominan daripada manfaat kimia itu sendiri. Sehingga manfaat dari kimia menjadi tersamarkan. Kesan negatif yang timbul sebagai akibat dari sering terjadinya penyalahgunaan ilmu kimia atau kesalahan penanganan dalam penerapan ilmu kimia. Banyak persoalan yang belum terungkap secara baik dikalangan masyarakat mengenai ilmu kimia dan pemanfaatannya, dikarenakan pemahaman mengenai ilmu kimia yang masih terbatas.

Untuk lebih mengakrabkan kita dengan ilmu kimia serta pemanfaatannya dalam kehidupan manusia, mari kita lihat lebih jelasnya pemanfaatan ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari :
  1. Di bidang pertanian
Ambil contoh ketika tumbuhan membutuhkan air serta tanah yang subur. Namun dibidang pertanian modern, telah menggunakan pupuk dan pestisida. manfaat pupuk untuk tumbuhan ialah Merangsang pertumbuhan akar, batang dan daun serat Meningkatkan mutu dan jumlah hasil yang baik. karena pupuk adalah senyawa kimia anarganik yang dijumpai di alam atau dibuat manusia yang memiliki nilai hara langsung atau tidak langsung bagi tanaman. Penggunaan pestisida dapat memusnahkan hama-hama, dan meningkatkan produksi tumbuhan dengan cepat. namun dapat membahayakan bagi kesehatan manusia.
  1. Di bidang kedokteran
Di bidang ini banyak dijumpai manfaatnya, seperti obat-obatan yang membantu penyembuhan pasien, karena obat adalah hasil dari penelitian dibidang kimia farmasi.
  1. Di bidang pangan
Adanya komposisi pada makanan, yang bermanfaat bagi manusia. Penggunaan mikroorganisme/bakteri pada makanan, contoh pembuatan kecap, tempe, dan yoghurt.
  1. Di bidang industri/pabrik
Penerapan ilmu Kimia di bidang industri, ilmu Kimia seringkali sangat dibutuhkan. Mesin-mesin di industri membutuhkan logam yang baik dengan sifat tertentu yang sesuai dengan kondisi dan bahan-bahan yang digunakan. Seperti semen, kayu, cat, beton, dsb. dihasilkan melalui riset yang berdasarkan ilmu Kimia. Kain sintetis yang Anda gunakan juga merupakan hasil penerapan ilmu Kimia.
  1. Di bidang Hukum
Manfaat di bidang hukum yaitu ketika terjadi kejahatan-kejahatan ataupun pembunuhan, dengan begitu dibutuhkan sample hasil tes DNA, yang menggunakan ilmu kimia.
 

Selanjutnya Di bidang Mesin Manfaat ilmu Kimia terdapat dalam bidang permesinan yaitu mempelajari sifat dan komposisi logam yang baik untuk pembuatan mesin, mempelajari sifat komposisi bahan bakar dan minyak pelumas mesin. 

Dan   Di bidang Teknik Sipil Bahan yang digunakan dalam bidang ini adalah semen, kayu, cat, paku, besi, paralon (pipa PVC), lem dan sebagainya. Semua bahan tersebut dihasilkan melalui riset yang berdasarkan ilmu kimia. Manfaat ilmu kimia dalam hal ini adalah agar bahan-bahan bangunan tersebut dapat diketahui kelebihan serta kekurangannya, sehingga dapat meminimalisir kecelakaan di kemudian hari.


Selain manfaat ilmu kimia diatas, Ilmu kimia juga berperan dalam menyelesaikan masalah global yaitu masalah yang dihadapi oleh seluruh dunia, seperti yang menyangkut masalah dalam bidang lingkungan hidup, kedokteran, geologi, biologi, dan lain-lain ataupun meningkatkan Sumber Daya Alam (SDM). Sabagai contoh, masalah global dalam hal lingkungan hidupdan krisis energi. Berikut peran kimia dalam menyelesaikan masalah Global :

1.                  Bahan Bakar

Saat ini bahan bakar dunia, berupa minyak bumi, batu bara, gas alam yang berasal dari fosil. Fosil merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, karena fosil terbentuk dari organisme yang terkubur beberapa jutaan tahun lalu. Bahan bakar tersebut akan habis dan manusia harus dapat mencari sumber energi alternatif, untuk mengatasi krisis enegri tersebut. Dalam hal ini ilmu kimia sangat berperan. Contoh sumber energi alternatif misalnya alkohol, energi nuklir, geoternal (panas bumi) atau energi matahari yang tak terbatas.

2.                  Teknologi Biogas

Ternak-ternak di pedesaan dapat menimbulkan masalah lingkungan, karena kotorannya yang berserakan dapat menimbulkan bau yang tidak enak, kotoran ternak juga merusak pemandangan di desa, bahkan dapat menjadi sumber penularan penyakit. Dengan teknologi biogas, permasalahan tersebut, dapat diatasi, dimana kotoran hewan tersebut diolah hingga bermanfaat bagi manusia. Pembuatan biogas menggunakan bahan baku kotoran hewan/ternak yang dibubur halus menjadi butiran kecil dan dicampur air. Hasil teknologi biogas tersebut dapat digunakan sebagai sumber energi, misalnya untuk lampu penerangan maupun untuk memasak

3.                  Program Langit Biru

Program Langit Biru artinya program yang bertujuan untuk meminimalisasikan polusi udara akibat dari pemanfaatan energi. Polusi udara tersebut diakibatkan dari emisi gas buang yang ditimbulkan dari pemanfaatan energi. Transportasi merupakan salah satu penyebab polusi udara. Emisi gas buang tersebut misalnya Karbon Monoksida (CO), Hidrokarbon, Nitrogen Oksida, Sulfur dioksida, Timah hitam (Pb) dan debu. Jenis dan jumlah pencemaran ini dipengaruhi oleh beberapa faktor jenis energi, jenis kendaraan, umur kendaraan, ukuran mesin dan perawatan kendaraan tersebut.


Dari manfaat dan peran kimia yang begitu erat kaitannya dengan kehidupan, tidak selamanya kimia itu buruk/negatif bagi kehidupan. sisi negatif ini timbul sebagi akibat dari sering terjadinya penyalahgunaan ilmu kimia atau kesalahan penanganan dalam penerapan ilmu kimia. Maka teruslah menjadi bagian dari masyarakat yang mengamalkan ilmunya untuk kebaikan yang membawa kebermanfaatan bagi semua orang. Dan mulailah melihat kimia sebagai bagian dari ilmu pengetahuan yang dapat membawa kehidupan ke arah yang lebih baik. SALAM ILMIAH....... SALAM SEMANGAT ^_^ 

oleh : SN :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar