kimia

kimia

Senin, 24 November 2014

VBA (Visual Basic for Application) Untuk PowerPoint yang Lebih Menarik dan Interaktif

Tutorial Awal Pembuatan Powerpoint berbasis VBA (Visual Basic for Application)

Pernahkah kalian mendengar VBA, Lalu apa itu VBA (Visual Basic for Application) ??
VBA (Visual Basic for Application) adalah aplikasi yang dapat menambahkan fitur multi-fungsi baru di PowerPoint. Yang memungkinkan Anda untuk memperpanjang aplikasi untuk beberapa tujuan. Jadi, sebelum kita belajar VBA  mari kita bahas tentang istilah dasar dari Microsoft office


Apa itu Powerpoint?
PowerPoint adalah paket grafis presentasi lengkap yang dapat membantu membuat presentasi tampak profesional dengan serangkaian slide PowerPoint. PowerPoint menawarkan pengolah kata, menampilkan gambar, grafik, animasi, suara, video dan pengolahan lain yang dapat dirancang untuk keperluan kerja, bisnis,  dan pembelajaran dalam Microsoft Office PowerPoint

Apa yang dimaksud dengan Visual Basic untuk Aplikasi ?
Visual Basic for Applications memungkinkan membangun fungsi yang ditetapkan pengguna, mengotomatisasi proses dan mengakses API Windows dan fungsionalitas tingkat rendah lainnya melalui pustaka dinamis-link (DLL). Hal ini dapat digunakan dengan produk Microsoft seperti PowerPoint, Word, dan Excel.

Bagaimana cara menggunakan VBA  dalam Presntasi PowerPoint ?
Diketahui dengan menggunakan PowerPoint dan Visual Basic kita dapat membuat presentasi yang efektif dan menarik. Misalnya kita dapat membuat kuis dalam presentasi kita yaitu, dalam setiap slide dan slide untuk pilihan jawaban dapat memungkinkan pengguna untuk memilih jawaban. Jika jawabannya benar maka akan muncul pesan ucapan selamat dan melanjutkan ke pertanyaan berikutnya yang dalam slide yang lain. Jika pengguna menjawab salah itu menampilkan, mengatakan "coba lagi" atau apa pun yang kita atur sesuai dengan paket kuis yang kita inginkan. 

Karena Aplikasi Visual Basic (VBA) untuk Microsoft Office Powerpoint selama ini banyak digunakan untuk membuat soal evaluasi, di mana nilai siswa akan muncul otomatis ketika selesai mengerjakan soal. Ternyata, masih banyak sekali kehebatan Aplikasi Visual Basic (VBA) untuk Microsoft Office Powerpoint yang masih belum tersentuh. Di antaranya dengan VBA kita bisa membuat berbagai simulasi menarik, yaitu :
  1. Program simulasi gas ideal
  2. Program simulasi titrasi
  3. Program simulasi Konversi suhu
  4. Program simulasi Massa jenis, Massa, dan Volume
  5. Dan masih banyak lagi, dapat dikembangkan sesuai yang diinginkan
Bukankah ini menarik dan hebat ?  :) :) Ada banyak aplikasi seperti yang dapat kita mengintegrasikan dalam presentasi tersebut untuk membuatnya lebih interaktif dan menarik. Dan tentu ini sangat membantu guru dan siswa dalam melakukan pembelajaran di sekolah. :) Kehebatan Aplikasi Visual Basic ini dapat disesuaikan dengan bindang pengetahuan masing-masing. Karena penulis dari pendidikan kimia, contoh programnya berhubungan dengan kimia. hehehe. Untuk matematika dapat menjalankan program simulasi luas, keliling, dan volume. Untuk fisika, dapat menjalankan program simulasi kecepatan, jarak, dan waktu. Dan bidang ilmu lainnya yang dapat dikembangkan dengan Aplikasi Visual Basic. 

Agar powerpoint lebih interaktif dan menarik dengan VBA, maka langkah awal yang harus dilakukan adalah menghidupkan tab pengembang yaitu menu developer. Lalu apa itu menu developer dan apakah kegunaannya?? Menu developer ini adalah menu yang berisi sekumpulan perintah agar slide powerpoint yang dibuat lebih hidup dengan tambahan perhitungan, messagebox, dan fitur lain yang bisa dikembangkan oleh pengguna powerpoint.
Menghidupkan menu developer dapat melakukan langkah-langkah sebagai berikut :
a. Untuk Microsoft Office PowerPoint 2007
1.      Bukalah program aplikasi Microsoft Office PowerPoint 2007
2.      Tekan menu “Office Button”
 
3.      Kemudian pilih dan tekan menu “Powerpoint Option” di pojok kanan bawah

4.   Pilih popular, Setelah itu beri tanda centang pada bagian “Show Developer Tab in the Ribbon”

5.      Pilih ok
6.   Menu Developer sudah aktif dan Aplikasi Visual Basic sudah dapat digunakan untuk Microsoft Office PowerPoint

      b. Untuk Microsoft Office PowerPoint 2010
1.      Bukalah program aplikasi Microsoft Office PowerPoint 2010
2.      Pilih “file”
3.      Pilih “options”
4.      Pilih tab bagian  “Customize the Ribbon”
5.      Beri tanda centang pada “developer”
6.      Pilih ok
7.    Menu developer sudah sudah aktif dan Aplikasi Visual Basic sudah dapat digunakan untuk Microsoft Office PowerPoint 

VBA (Visual Basic for Application) untuk PowerPoint yang lebih Menarik dan Interaktif, Kenapa Tidak......? :)
Jadi untuk apa lagi mikir-mikir dan tunggu apa lagi kawa ?? Ayoooo belajar lebih dalam mengenai  Aplikasi Visual Basic (VBA) untuk Microsoft Office Powerpoint ini terutama untuk disiplin ilmu masing-masing sehingga diharapkan siswa dapat mempelajari berbagai pengetahuan dengan menyenagkan dan mudah. Untuk mempelajarinya lebih dalam sebaiknya mulai dari pengenalan VBA, kemudian memahami toolbox Visual Basic pada Powerpoint, dilanjutkan mendalami mengenai berbagai variabel dalam pemrograman, jenis-jenis data, baru kemudian mencoba membuat aplikasi pemrograman menggunakan VBA pada Powerpoint. Dari manfaat VBA inilah penulis mencoba memperkenalkan kembali mengenai VBA pada Powerpoint, karena dengan banyak manfaat inilah diharapkan teknologi dapat termanfaatkan secara optimal terutama untuk ilmu pengetahuan 

Sedikit ilmu yang dapat diinfokan dari hasil belajar Program Komputer berbasis ICT ini, masih banyak kekuranagn baik dari kata bahasa, cara, atau ilmu mengenai PowerPoint berasic VBA  untuk pembelajaran. Semoga bermanfaat kawan  ^_^. Oia jangan lupa komentarnya yah, hehehe. Banyak saran dan kritik itu bagus dan dinanti, tapi saran atau kritik yang membagun dan bahasa yang sopanlah yang lebih baik, ;)
Salam Ilmiah, Salam Semangat :) :D


SN ^_^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar