kimia

kimia

Minggu, 30 November 2014

Aplikasi BKChem Untuk Pembelajaran Kimia

Tutorial BKChem

Salam semangat untuk SOKIM (Sobat Kimia) pembaca setia, Gimana ini kabarnya? Semoga sehat selalu tentunya. Hehehe, masih semangat kan untuk  pembelajaran kimianya. :) :)

Masih banyak aplikasi kimia  berbasis Linux yang dapat kita gunakan untuk pembelajaran kimia, Untuk kesempatan kali ini ada yang tau aplikasi kimia apa yang bisa digunakan lagi untuk mempermudah kita belajar kimia tentunya ?? Yuupppzzz, Aplikasi BKChem
Pada kesempatan yang lalu sempat membahas beberapa aplikasi kimia, sekarang kita melanjutkan aplikasi lain dari linux. Mari kita kenalan dulu dan membahas Aplikasi BKChem, penulis ingin berbagi sedikit pengetahuan dari pengalaman dan mencari dari sumber bacaan lain.

Aplikasi BKChem adalah program oper source (gratis) yang memungkinkan penggunanya membuat dan menggambar struktur kimia dengan mudah. Aplikasi BKChem memiliki 5 menu utama yaitu :
1.Main menu
2.Action menu
3.Text line with its buttons
4.Drawing Section
5.Status bar section

Penasaran dengan aplikasi ini ?? ayo kita coba lakukan beberapa langkah penggunaan aplikasi BKChem ini. Let’s go :D

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1.Langkah pertama, bukalah aplikasi BKChem, dengan tampilan yang awal muncul seperti berikut :

2. Untuk memulai membentuk struktur kimia, kita bisa memilih ikatan atau jenis rumus kimia dengan menggunakan keyboard. Hasilnya : 




3. Jika terjadi kesalahan dalam membuat struktur kimia di aplikasi BKChem memiliki satu fungsi dasar seperti kebanyakan program yaitu “Undo”. Caranya : klik edit --> pilih Undo.  Maka dihasilkan tampilan sebagai berikut :

4. Jika ingin mengubah atau mengembalikan, terdapat shortcuts dasar yang bisa kita lakukan dengan mudah untuk setiap editor. Berikut shortcutsnya :

5. Jika ingin mengubah ukuran ukuran dari struktur  kimia yang kita buat, dapat digunakan pilihan yang tersedia sesuai keinginan. Caranya: Klik menu “Object” --> pilih Scale --> sesuaikan ukuran seperti yang diinginkan. Maka dihasilkan tampilan sebagai berikut :
6. Jika kita ingin memberikan symbol ikatan pada struktur yang dibuat, caranya : klik pada action menu --> pilih bond symbol. Ikatan yang terbentuk dapat digambarkan dengan beberapa jalan. Seperti : pada warna hijau--> sudut antara dua ikatan, warna merah --> garis ikatan, warna biru --> Style atau model ikatan, warna kuning --> penentuan atau tanpa penentuan panjang. Perintah tersebut seperti pada gambar berikut ini:


Hanya sedikit dan sederhana tentang cara penggunaan Aplikasi BKChem ini, Untuk hal atau molekul yang lebih rumit perlu latihan dan belajar penggunaan untuk mengasah kemampuan. Seperti itu sedikit pengetahuan tentang cara menggunakan Aplikasi BKChem, Cukup Mudah dan menyenangkan bukan? dan tentunya dapat digunakan dalam mempermudah proses pembelajaran kimia sesuai dengan kebutuhan pengguna Aplikasi BKChem. Dan tentunya aplikasi BKChem ini bisa dikembangkan dan diolah sesuai dengan keinginan pengguna aplikasi ini.

Semoga bermanfaat kawan  ^_^. Oia jangan lupa komentarnya yah, hehehe. Banyak saran dan kritik itu bagus dan dinanti, tapi saran atau kritik yang membagun dan bahasa yang sopanlah yang lebih baik, ;)
Salam Ilmiah, Salam Semangat :) :D

Oleh SN ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar