kimia

kimia

Jumat, 28 November 2014

Aplikasi Kalzium Membuat pembelajaran Kimia Sistem periodik Unsur menjadi mudah dan berwarna

Tutorial Aplikasi Kalzium

Salam semangat untuk SOKIM (Sobat Kimia) pembaca setia, Gimana ini kabarnya? Semoga sehat selalu tentunya. Hehehe, masih semangat kan untuk  pembelajaran kimianya. :) :) 

Ou iya, pasti pernah dengar dong apa itu Kalsium?  unsur kimia dalah golongan Alkali, tepat sekali. Lalu apa Kalsium sama dengan Kalzium ? ataukah penulis yang salah ketik ? ( mungkin saja penulis ngantuk jadi salah ketik, hehehe). Eittttts jangan berpikir seperti itu dulu SOKIM, karena kesempatan ini kita akan membahas Kalzium ya tepatnya Aplikasi Kalzium.
Pada postingan yang lalu sempat membahas aplikasi Avogadro berbasis Linux, sekarang kita melanjutkan aplikasi lain dari Linux. Ya kita kenalan dulu dan membahas Aplikasi Kalzium, penulis ingin berbagi sedikit pengetahuan dari pengalaman dan mencari dari sumber bacaan lain.

Lalu apa itu Aplikasi Kalzium ? Kalzium adalah  nama sebuah software (open source software – OSS) yang memanfaatkan tabel periodik untuk mengeksplorasi setiap unsur. Tapi ternyata tidak sekedar tabel periodik biasa, lebih dari sekedar tabel periodik. Kalzium berasal dari bahasa Jerman dari kata kalsium. Saat ini Kalzium sampai di versi Hidrogen. Untuk diketahui semenjak Kalzium menjadi aplikasi standalone ia versinya akan dinamai dengan urutan nama unsur dalam tabel periodik.

Apa sajakah yang bisa digunakan dari kalzium dalam pemebelajaran kimia sma? Materi-materi pelajaran kimia SMA, bab-bab tertentu sangatlah tepat memanfaatkan kehebatan Kalzium. Tentu ini hanya merupakan alternatif dalam penggunaan media pembelajaran. Sampai saat ini Kalzium belum mendukung untuk sitem operasi Windows. Hanya bisa berjalan untuk sistem operasi Linux. Oleh karena itu di sarankan pengguna yang ingin mencobanya sebaiknya meningstall sistem operasi Linux di komputernya.

Aplikasi Kalzium berisi informasi tentang karakteristik dari unsur-unsur kimia dalam tabel periodik seperti nomor massa, nomor atom, energi, model atom, energy ionisasi, dan semua yang menjadi karakteristik dari suatu unsur tersebut.


Dengan aplikasi ini tentu dapat memudahkan kita menemukan informasi tentang unsur yang kita perlukan. Banyak kelebihan yang membuat aplikais ini cocok untuk membantu dan mempermudah dalam proses pembelajaran kimia.

Cara menggunakan Aplikais Kalzium ini cukup mudah, Penasaran. Yuk kita coba :)

1.  Langkah awal, bukalah aplikasi Kalzium. Dimana tampilan awal dari aplikasi ini seperti gambar berikut: 

Saat kita membuka aplikasi kalzium tampilan seperti gambar diatas adalah table SPU Klasik. Untuk bentuk tabel SPU kita bisa merubahnya sesuai dengan keinginan kita, bentuk SPU pendek, atau yang lain. Berikut tampilan tabel jenis SPU panjang :


Misal kita ingin mengetahui informasi dari atom Nitrogen, maka caranya : Ketik Natrium pada kolom Serach --> enter, maka akan muncul Lambang nitrogen disebelah kiri seperti pada gambar berikut :


Untuk informasi lebih lengkap, caranya klik simbol unsur atom Nitrogen (N) --> pilih jenis informasi apa yang diinginkan  maka akan keluar tampilan sebagai berikut :




2.  Jika kita ingin mengetahui isotop dari unsur-unsur, caranya  : klik toolbar Isotop Table,  maka akan muncul tampilan sebagai berikut :


3.  Jika kita ingin melakukan perhitungan dengan mudah menggunakan Kalzium, caranya : klik toolbar “Perform Calculations” --> pilih perhitungan yang ingin dilakukan,  yaitu :
  • Untuk perhitungan Massa Relatif molekul (Mr), caranya : klik menu “Molecular mass calculator” --> masukkan nama molekul --> klik tombol “Calc” . Misal H2SO4, maka tampilannya sebagai berikut : 
  • Untuk perhitungan konsentrasi, penentuan MR, densitas dari suatu laruta dan lainnya. Caranya : klik menu “Concentration calculator” --> Masukkan data sesuai yang diinginkan pada kolom yang sudah disediakan, maka tampilannya sebagai berikut : 
  • Untuk perhitungan Inti atom berupa masa isotop, rediksi massa yang diharapkan dari unsure setelah waktu paruh, caranya:  klik menu “Nuclear Calculator” --> pilih unsur yang diinginkan pada kolom nama unsur,  maka akan muncul informasi inti atom beserta waktunya. Tampilannya sebagai berikut: 
  • Untuk perhitungan tentang gas yaitu:  menghitung volume gas, MR gas, tekanan, dan lainnya, caranya : klik menu “Gas calculator” -->  masukkan data-data yang ada sesuai dengan kolom-kolom yang disediakan,  maka akan muncul hasil perhitungan volume . Tampilannya seperti berikut :

  • Untuk perhitungan titrasi dan menentuka kurva titrasi, caranya :  klik menu “Titrasion calculator” --> masukkan data, volume sebagai data sumbu Y dan pH sebagai sumbu X --> pilih plotkan,  maka akan muncul grafiknya. Perhitungan ini mencoba untuk mengetahui titik ekivalen dari pH-meter dan diikuti dengan titrasi terbaik. Tampilannya seperti berikut : 
  • Untuk perhitungan koefisien dalam persamaan kimia dan  membantu menyetarakan persamaan reaksi kimia, caranya : klik menu “Equation calculator” --> menuliskan reaksi pada kolom yang disediakan --> klik tombol “Calc”,  maka akan muncul jawaban koefisien ( dengan symbol a,b,c,dan lainnya)  dari reaksi tersebut. Tampilannya seperti berikut : 
4.  Jika kita ingin membuat atau mengedit molekul, caranya : Klik menu “Tools” --> pilih “Molecular Editor”,  maka akan muncul tampilan :

Ada tiga menu yaitu display, edit dan measure. klik menu-menu tersebut dan isi sesuai pilihan yang kita inginkan, bagian warna hitam itu adalah lembar kerjanya.
  • Untuk membuat molekulnya contoh asam asetat, maka klik menu edit dan pilih atom karbon klik di lembar kerja sebanyak 2 kali pada tempat yang berbeda. Begitu pula atom 2 oksigen dan 4 atom hidrogen. Setelah itu hubungkan antar atom dengan singgle atau double bond.
  • Untuk mengetahui jarak atau panjang ikatan maka klik menu measure, maka bagian bawah halaman kerja akan muncul jawabannya.
Nah banyak hal yang bisa diketahui, dilakukan dan dikembangkan dengan apliksi Kalzium ini. Untuk bisa menggunakannya, bagi yang memiliki Linux. Cara untuk menginstall aplikasi ini yaitu :
Tersambung Internet --> Buka program Terminal Emulator --> Ketik sudo apt-get install Kalzium --> Enter --> selesai, Langsung buka aplikasi Kalzium kemudian selamat mencoba :) 

Seperti itu sedikit pengetahuan tentang cara menggunakan Aplikais Kalzium, Mudah dan menyenangkan bukan ? dan tentunya dapat digunakan dalam mempermudah proses pembelajaran kimia sesuai dengan kebutuhan pengguna Aplikasi Kalzium

Semoga bermanfaat kawan  ^_^. Oia jangan lupa komentarnya yah, hehehe. Banyak saran dan kritik itu bagus dan dinanti, tapi saran atau kritik yang membagun dan bahasa yang sopanlah yang lebih baik, ;)

Salam Ilmiah, Salam Semangat :) :D

Oleh SN ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar